Ketika Anak Kecanduan Games

Siapa yang pernah jengkel karena anaknya lupa waktu gara-gara bermain asyik bermain games ?

Parents, tak dapat dipungkiri, anak-anak kita kini hidup dan berkembang di jaman serba teknologi. Komputer dan games adalah dua hal yang sulit dipisahkan dari keseharian anak-anak. Bagi kebanyakan anak remaja, bermain game di komputer, console, atau gadget sudah menjadi rutinitas setiap hari.  Banyak orangtua beranggapan games adalah sarana untuk mengisi waktu dan keceriaan anak-anak.  Namun bermain games berbeda dengan ketika mereka bermain dan bercengkrama dengan teman-teman sebaya. Secara psikologis, efek keseringan bermain games atau komputer bagi anak hanya akan mendorong mereka enjoy bermain sendiri (soliter) tanpa adanya interaksi kelompok dengan temannya.
Aplikasi games yang berupa petualangan, pengaturan strategi, simulasi dan bermain peran, memang dapat meningkatkan daya analisa anak, mendorong rasa keingintahuan anak, meningkatkan daya koordinasi dan sinkronisasi pikiran serta kemampuan menyelesaikan masalah.  Namun yang menjadi permasalahan adalah ketika anak-anak sudah kecanduan dengan barang-barang tersebut.
Pengguna komputer dan console yang kelewat batas akan menimbulkan dampak negatif bagi si anak antara lain mendorong anak untuk anti sosial, enggan bergaul dengan sekeliling, malas belajar, kurang konsentrasi, pemicu tindakan kekerasan (agresif), berkurangnya perasaan ingin menolong sesama serta pemicu tindakan kriminal.

Bagaimana jika keseringan bermain games sudah sampai mengganggu aktivitas lain, tidak peduli dengan kehidupan di luar, nilai sekolah jeblok, tidak mau lagi beraktivitas di kegiatan ekskul, menarik diri dari dunia luar atau sering terpaku berlama-lama di depan komputer/gadget elektronik lainnya? Besar kemungkinan anak sudah kecanduan game.
Yang menjadi pertanyaan, mengapa bisa kecanduan games? Apa tanda-tanda kecanduan dan bagaimana mengatasinya? Apakah ada dampak positif dari games? Apa saja dampak negatif games? Bagaimana cara memilih games yang tepat bagi anak kita?
Nah parents, mau tahu bagaimana cara menghindari anak kita kecanduan games? Ikutilah Sesi 3 dari Tetralogy Seminar dengan Topik “Ketika Anak Kecanduan Games”
Sesi 3 : Sabtu, 24 November 2012
Ketika Anak Kecanduan Games
Topik ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada orang tua mengenai game apa saja  yang biasa digunakan dan dimainkan oleh anak beserta dampaknya. Orang tua akan memahami bagaimana memilih games yang mendukung perkembangan anak serta mengetahui cara-cara mengatasi kecanduan games.
Pembicara : Ibu Elly Risman, Psi
                      (Psikolog, Pendiri Yayasan Kita dan Buah Hati)
HTM Early Bird : Rp 125.000,- /sesi
Untuk mendapatkan harga khusus ini kami memberikan kesempatan registrasi sampai dengan tanggal 31 Mei 2012 dengan batas akhir transfer pembayaran tanggal 15 Juni 2012
Cara Pendaftaran:
Kirim email ke : supermomsid@gmail.com atau SMS ke 0818131082
Untuk info paling up to date difollow yuk twitter resminya : @supermomsid 

Comments

  1. hallo, salam kenal, ijin link blog ini blog saya bolehkah?

Speak Your Mind

*